Sabtu, 20 Juni 2015

Apa Itu Mobile Bravia  Engine, Triluminos dan X-Reality Engine


Mobile Bravia Engine, Triluminos dan X-Reality Engine - Siapa yang tidak kenal dengan Sony, apalagi TV Sony BRAVIA dan jajaran ponsel Xperia. Semua menampilkan gambar yang begitu realistis tampak nyata dan jernih
. Sekarang akan saya bahas tentang mesin pengolah gambar dari Sony untuk ponsel Xperia. Ada 3 jenis yaitu Mobile BRAVIA Engine, Triluminos dan Mobile X-Reality Engine dari Sony.


Mobile Bravia  Engine, Triluminos dan X-Reality Engine
  • Teknologi Tampilan Layar Mobile BRAVIA Engine

Mobile BRAVIA Engine adalah mesin pengolah gambar yang membuat gambar menjadi enak dilihat di mata. Teknologi ini pertama kali dibenamkan di ponsel Sony Xperia Arc. Mobile BRAVIA Engine secara otomatis meningkatkan kontras, ketajaman dan warna. Jadi, gambar yang dihasilkan lebih tajam, kontras yang pas, warna yang jernih dan pas di mata. Sangat cocok untuk menonton video. Saat ini Mobile BRAVIA Engine sudah mencapai generasi kedua. Perbedaan generasi pertama dan kedua adalah, peningkatan kualitas gambar pada generasi kedua. Berikut perbandingan tampilan antara tampilan non-BRAVIA Engine dan BRAVIA Engine.
Mobile Bravia Engine 1
Mobile Bravia Engine 2
  • Teknologi Tampilan Layar Triluminos

Teknologi layar TRILUMINOS memungkinkan TFT display maupun IPS LCD untuk dapat memberikan lebih banyak warna, sehingga layar mampu menampilkan gambar lebih jelas. Misalnya saja, hijau muncul hijau, biru lebih biru dan merah tampak lebih merah. Dengan kata lain, layar TRILUMINOS menyediakan gamut warna sekitar 50% lebih besar daripada yang ditawarkan oleh panel layar LCD konvensional.
Untuk menampilkan berbagai kemungkinan warna terluas, teknologi menggunakan titik-titik kuantum yang tidak lain adalah light emitting nano-partikel (2-10 nanometer). Komponen-komponen ini bekerja untuk memancarkan cahaya pada panjang gelombang yang tepat berdasarkan ukuran. Dan hasil akhirnya adalah warna murni dan alami serta kaya akan grafis. Gambar di bawah ini adalah perbedaan antara tampilan layar Triluminos dengan yang bukan Triluminos.
 Teknologi-Tampillan-Layar-Triluminos
  • Teknologi Tampilan Layar X-Reality Engine

Teknologi lain yang membedakan tampilan layar smartphone dan tablet dari Sony adalah teknologi X-Reality Engine, yang merupakan pengolahan teknologi gambar yang khusus bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas konten (text, gambar dan video) ketika ditampilkan pada layar. Teknologi ini benar-benar membuat gambar tampak lebih tajam dari sebelumnya, meningkatkan kontras dan fine tuning ke tingkat saturasi yang diinginkan.
Sebelum memperkenalkan X-Reality Engine untuk smartphone, Sony telah lebih dahulu menggunakan nya untuk produk TV.
Menurut Sony, teknik pengolahan citra X-Reality dengan cara membagi sinyal yang dikirim ke layar menjadi berbagai komponen seperti warna, kontras, garis dan tekstur. Setiap komponen ini dianalisis dan diproses secara individual untuk memastikan bahwa hasil akhirnya adalah tajam, jelas dan menarik. Sehingga Teknologi X-Reality Engine ini di buat agar Kualitas yang di ambil tampak nyata. Berikut adalah contoh gambar yang di ambil dengan X-Reality Engine.
Tampilan-layar-X-Reality-Engine
Itulah sedikit ulasan tentang teknologi layar Mobile BRAVIA Engine, Triluminos dan X-Reality Engine dari Sony, dari sini kita akan tau perbedaan tampilan layar High-End sampai dengan Low-End dan tentu akan mempertimbangan jika kita ingin membeli Smartphone yang benar-benar berkualitas dengan tampilan layar yang enak di pandang.

Sekian untuk artikelnya hari ini tentang Apa Itu Mobile BRAVIA  Engine, Triluminos dan X-Reality Engine semoga juga bermanfaat bagi kalian yang sangat jeli memperhatikan kualitas layar smartphone. Semoga bermanfaat.
Apa Itu Mobile Bravia  Engine, Triluminos dan X-Reality Engine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top