Rabu, 19 Agustus 2015

Marshmallow menjadi Nama Resmi untuk Android M, OS Android Terbaru

Android Marshmallow
OS Android Terbaru Marshmallow – California, Perusahaan Google sudah memutuskan nama untuk system operasi terbarunya setelah versi 5.0 yaitu Android M atau yang memiliki arti Marshmallow. Google membatalkan untuk pemberian versi 5.2 dan di lanjutkan langsung menjadi versi 6.0.



Mengenai pengumuman pemberian nama android Marshmallow ini di publikasikan melalui Android Developer Blog, peluncuran Android M (Marshmallow) ini sudah ditandai dengan patung  Logo Android yang sedang berdiri dan membawa Marshmallow berada di depan  kantor Google di Mountain view California, Nama-nama dari OS Android ini memang selalu diambil dari nama-nama Desert / makanan manis yang di urut alphabet mulai dari Huruf C ( Cupcake ), Donnut, Éclair, Froyo, GingerBread, Honeycomb, Ice Cream Sanwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, dan yang baru ini adalah “M” untuk Marshmallow.

Beberapa pembaharuan yang di sertakan di Android Marshmallow ini antara lain Android Pay, dukungan Identitas sidik jari, Penghematan Baterai (Doze), USB Type-C, serta perizinan baru untuk installai dan update aplikasi, guna memudahkan pengguna untuk mengatur akses aplikasi terhadap informasi.

Kalian bisa mengunduh versi Final Android v6.0 SDK (Software Development Kit) ini Via SDK Manager di Android Studio. Developer dapat segera merancang dan membuat aplikasi-aplikai yang bisa support dengan Versi Marshmallow  dan bisa menggunakan fitur barunnya dengan maksimal.

Para Developer nanti bisa menguji coba Aplikasi baru buatan mereka pada perangkat Nexus 5, 6, 7, dan Nexus Player. Google memprediksi akan memamerkan sekaligus 2 perangkat Nexus terbaru yang masing-masing adalah hasil kerjasama dengan Huawei serta LG.

Setelah meluncurnya Android Marshmallow ini tentu saja pasti ada kelebihan dan kekurangannya dan yang paling jelas menjadi kekurangannyaadalah belum tersedai pada semua perangkat dan untuk proses update pastinnya akan membutuhkan banyak waktu. Dibawah ini adalah kelebihan Marshmallow lebih lengkapnya.

Kelebihan Android v6.0 Marshmallow

  • Support dengan Pemindaian Sidik Jari
Pada beberapa ponsel android lainnya mungkin sudah dilengkapi fitur pemindai sidik jari, tapi dengan Android Marshmallow nanti semua akan bisa menggunakan fitur pengaman Finger Print Scanner ini.
  • Android Pay
Fitur ini memang bukan fitur baru, tapi merekan akan menjajikan perubahan dan kemudahan dalam system pembayaran digital yang satu ini.
  • Dukungan Fast Charging
Pada versi Marshmallow kali ini akan kompatibel dengan port USB USB Type-C yang mempunyai kemapuan untuk Transfer Daya baterai agar cepat terisi. Untuk smartphone Android nanti yang tidak memiliki fitur Fast Charging jika nanti menggunakan Android Marsmallow maka masih tetap bisa merasakan fitur keren ini di Ponsel Pintar Android kalian.
  • Hemat Baterai
Fitur yang satu ini akan menjajikan tidak hanya performa maksimal yang didapat, tapi meski kalian menggunakan performa secara maksimal, akan dijamin daya baterai akan tetap irit, sehingga pemakainnya un lebih hemat serta lebih awet.

Sebenarnnya masih ada beberapa kelebihan Marshmallow yang lainnya, hanya saja tidak bisa di bahas satu persatu seperti fitur Interface serta permission yang tentunnya akan ada beberapa perbedaan dengan versi lama dan fitur asisten pinter yang disebut “Now on Tap” yang akan menjadi salah satu versi baru dari Google Now.

Di bawah ini sudah saya pasang video Cuplikan Behind the Scene Pembuatan patung Logo Android Marshmallow yang terletak dihalaman kantor pusatnya.

Marshmallow menjadi Nama Resmi untuk Android M, OS Android Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top