Senin, 12 Oktober 2015

Cara Mengembalikan File dan Foto yang Terhapus Pada Kartu Memori

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Card – Ponsel Android saat ini memang menjadi ponsel dengan sistem operasi yang sangat populer, apalagi saat ini para pembuat produk Band/Merk dari Hape Android saat ini juga bersaing dalam performa untuk meningkatkan kualitas ponsel pintar yang akan mereka jual. Salah satunya adalah dalam segi memori android yang berkapasitas kecil, sedang, hingga besar dan itu pun juga kita butuhkan untuk menyimpan banyak file penting, tapi bagaimana jika file penting seperti dokumen, foto, video atau yang lainnya itu terhapus ?
Cara mengebalikan file terhapus dari kartu memori, cara kembalikan file hilang di kartu memori android, cara mengembalikan file galeri yang hilang pada memori

Nah, sebelumnya saya sudah membahas Cara mengistall ulang Play Store yang Terhapus di Android, untuk saat ini saya ingin membahas mengenai Cara Mengembalikan Data File dan Foto yang Terhapus Pada Kartu Memori, karena memang sangat disayang Ian jika file penting dalam android kita hilang begitu saja, baik itu karena terhapus disengaja maupun tidak disengaja.

Banyak data file penting yang terletak di kartu memori kita, baik itu beru gambar, video, dokumen, Musi/lagu yang terkadang Hilang begitu saja tanpa ada alasannya. Pasti bagi kita yang merasa data file itu benar-benar penting akan menjagannya dengan sebaik mungkin. Bagi kalian yang memiliki data penting yang terhapus pasti akan merasa sangat kecewa dan bingung harus berbuat apa. Maka dari itu akan saya bagikan Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus Pada Kartu Memori.

Untuk Cara Mengembalikan File yang Terhapus dari Kartu Memori pun ada beberapa cara yang menurut saya efektif dan sudah terbukti. Berikut ini akan saya bahas satu per satu agar kalian tau cara mana yang menurut kalian terasa efektif. Berikut Cara mengembalikan file dokumen, gambar, video, lagu, dan file-file lain yang terhapus pada memory card.

Mengembalikan File yang Hilang di Kartu memori Android

  • Rescan Media
Cara mengebalikan file terhapus dari kartu memori, cara kembalikan file hilang di kartu memori android, cara mengembalikan file galeri yang hilang pada memori
Aplikasi yang satu ini adalah salah satu aplikasi gratis dari google play store, fungsinya adalah melakukan scanning ulang pada file yang baru ditambahkan pada kartu memori atau memori internal. Terkadang ada beberapa file seperi foto atau gambar yang tidak dapat ditampilkan di dalam album galeri Ponsel Android yang baru saja di dapat melalui kamera atau lagu maka Aplikasi Rescan Media adalah jawabannya.

Jadi pada dasarnya fungsi aplikasi ini melakukan scanning file yang hilang di Android atau kartu memori bukan Scan pada file yang sudah terhapus.
  • Rescan Media ROOT
Cara mengebalikan file terhapus dari kartu memori, cara kembalikan file hilang di kartu memori android, cara mengembalikan file galeri yang hilang pada memori
Fungsi aplikasi ini sama seperti aplikasi yang pertama saya jelaskan tadi yaitu melakukan scanning pada file media yang hilang, perbedaannya adalah aplikasi hanya dapat digunakan di Ponsel Android yang sudah berstatus robot. Dengan aplikasi ini tidak hanya melakukan scaning file media yang hilang, tapi juga akan memperbaiki file yang rusak dengan cara me-recovery. 

Setelah membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan scanning dan perbaikan file media, file yang tadinya terlihat acak-acakan tidak tersusun dan tidak terbaca akan kembali muncul di tempat semula dan bisa dijalankan kembali.

Cara Manual Mengembalikan File yang Hilang pada Kartu Memori

Cara mengebalikan file terhapus dari kartu memori, cara kembalikan file hilang di kartu memori android, cara mengembalikan file galeri yang hilang pada memori

Kenapa saya juga menambahkan cara manual untuk mengembalikan file yang hilang dari kartu memori ? karena mungkin saja kalian akan mengalami kejadian ini, karena kejadian ini sangat sering sekali saya alami pada ponsel android yang saya miliki.

Dimulai ketika file yang kita miliki di kartu memori hilang, kita pasti sangat merasa bingung, dan setelah kita melakukan checking pada kapasitas kartu memori kita masih tetap alias tidak berkurang, itu artinaya file kalian masih belum terhapus. Nah masalahnya ke mana file-file itu pergi ? coba kalian check pada lokasi folder ext-SDCARD\LOST.DIR. jika kalian melihat bayak file tanpa ekstensi disitu dan ukuran file pun bermacam-macam tidak jelas, itulah file kalian yang hilang tadi.

Cara mengembalikan file yang hilang di folder LOST.DIR tadi adalah dengan insting atau cara mengira-ngira, karena memang banyak file disitu yang tidak berelkstensi, jadi untuk merename nya dan ketika memberi ekstensi harus benar-benar menggunakan insting, karena minimal kalian ingat file yang memiliki ekstensi tersebut memiliki ukuran berapa, misalkan file Video saya berformat *.MP4 hilang dan saya masih ingat ukurannya sekitar 90 MB, jadi saya rename file tersebut dengan akhiran *.MP4 dan jadi Lay file video.

Jika kalian salah memberikan ekstensi pada file yang hilang tadi maka file tersebut tidak akan bisa berjalan ketika kita buka, misanya file yang seharusnya berekstensi *.APK kita rename dengan akhiran *.MP4 maka akan gagal. Itulah cara mengebalikan file yang hilang dari kartu memori android, berikut cara mengembalikan file yang terhapus pada kartu memori. 
  • Cara pertama menggunakan Aplikasi Android DiskDigger Undelete
Cara mengebalikan file terhapus dari kartu memori, cara kembalikan file hilang di kartu memori android, cara mengembalikan file galeri yang hilang pada memori

Unduh aplikasi android gratis ini melalui Google Play Store dengan Keyword “Disk Digger”.Setelah terunduh tunggu hingga installasi aplikasi selesai, baru buka aplikasi Disk Digger tersebut. Kemudian akan muncul semua sistem Service termasuk semua file di dalam Kartu memori Android kalian.

Untuk lokasi kartu memori kita akan muncul seperti “/mnt/sdcard/” atau yang hampir mirip seperti itu. Jika Android kita tidak terpasang kartu memori dan ingin melihat dalam memori internal ponsel, maka kita harus melakukan scanning memori internalnya  dan akan muncul lokasi seperti “\data\”. Pilih Service yang ingin kita cari file yang terhapus dari kartu memori tadi (SD Card) kemudian lakukan scanning  dengan memilih dan tap perintah Scan Service setelah itu akan muncul windows DISK Digger yang menampilkan proses scanningnya dimana file yang terhapus tadi dapat muncul dan nantinya akan dikembalikan.


Jika proses scannig sudah selesai makan semua file yang terhapus akan muncul dan kita tinggal memilih file mana sajakah yang akan kita kembalikan di kartu memori, di sini kita secara leluasa bisa mencari file-file, gambar, video, musik yang mana saja ingin kita kembalikan, lalu tinggal klik Save ke local.

Itulah Cara Mengembalikan File yang Terhapus atau Hilang dari Kartu Memori android kita, jadi kita tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan file di kartu memori kita, karena masih banyak kemungkinan untuk di kembalikan, semoga bermanfaat.

Cara Mengembalikan File dan Foto yang Terhapus Pada Kartu Memori Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto

13 comments

perlu juga nih kayaknya baca yang begian .. biasanya klo sayasering ke delete sendiri mangkanya harus di beck up..

hehe iya mas, saya juga sering banget kedelete sendiri, apalagi kalo lupa naruh Android di saku tanpa di lock, kadang malah udah ilang gak jelas gitu aja, hoho

Websitenya sangat enak sekali di pandang gan, agan pake template fasthink kah?

SD card ane ke scan, memori udh ke isi 4gb kehpus semua filenya. memorinya jadi nol lagi kaya masih baru. itu file2nya bisa balik lagi ngga min ?

file di SD card ane ke hapus semua, memori udh ke isi 4gb file ilang semua, memorinya jadi kaya baru lagi masih 0%. itu kira2 file sya yg 4gb bisa balik lagi ngga yah min ?

wah kalo saya juga perna pengalaman gtu bro, dan hasilnya ttp gk bisa, entah knapa juga gk tau. tpi kalok cumak bbrp file aja yang kehapus sih masih bisa di kembalikan. :)

klo memory rusak entah knp, bisa kmbali gak foto foto kuu lagi?

memory kuu kan rusak entah knp, klo foto foto kuu kembali lagi bsa gak??

kalo anya sekedar file foto kemungkinan masih bisa gan :)

Alhamdulillah balik lagi foto dan gambar2nya..terima kasih

syukron .,.,.sangat membantu.,.,

kak plis tolong balas yaaaaa.... android nya sblm di rescand media mesti di robot dlu ya? itu gimana sih????

 

Top