Rabu, 06 April 2016

Cara Mudah Install Ulang Google Play Store yang Terhapus di Android

Cara Install Ulang Google Play Store yang Hilang – Aplikasi toko bermain dari google ini memang menyediakan banyak beragam aplikasi, seperti aplikasi edit foto, aplikasi sosial media, aplikasi kantor, hingga game/permainan untuk android dan semua itu mulai dari aplikasi yang gratis hingga yang berbayar. Tapi bagaimana jika aplikasi Google Playstore yang kita miliki untuk mengunduh banyak aplikasi dan game itu hilang atau terhapus ?
Cara Instal Ulang Play Store yang hilang di android, cara memasang play store yang terhapus, cara install play store yang terhapus dari android
Saat kita kehilangan Play store tanpa sengaja atau disengaja, pasti kita sering berpikiran untuk segera melakukan reset factory yang akan beresiko kehilangan semua aplikasi data yang sudah kalian miliki. Ketika aplikasi Play Store terhapus atau hilang, kita tidak perlu khawatir, karena masih banyak cara untuk install ulang google Play Store yang terhapus atau yang hilang tadi.

Tips Install Ulang Google Play Store yang Hilang

Bagaimana cara menginstall Playstore yang hilang ? jawabannya hanya dengan cara menggunakan file APK Android Google Play Store. Cara mendapatkan Play Store dalam bentuk APK nya pun juga sangat mudah, kita bisa mendownload atau meng-Copy dari Ponsel pintar Android lainnya. Jika kita ingin menggunakan cara pertama sebelunya harus sudah mendownload APK Play Store terlebih dahulu, dan jika kita malas untuk mendownloadnya, pakai cara kedua yaitu copy Play Store dari ponsel android lain.

Nah, kali ini akan saya berbagi tips Cara Instal Ulang Play Store yang Terhapus tadi dari android, tidak usah bingung karena solusinya tinggal melakukan download file APK Play Store, jika kita mengunduhnya dari PC, harus melakukan Copy ke Android lalu Install aplikasi tersebut, dan jika kita mendapatka file APK playstore tersebut dari Mobile, langsung saja tinggal instal Google Play Storenya.

Cara Install Ulang Play Store yang Hilang Terhapus di Android

Berikut ini adalah Bagaimana cara mendapatkan kembali Play Store APK dan menginstallnya sesuai prosedur yang benar, baik itu cara copy dari Ponsel android lain atau dengan cara mengunduhnya secara manual.

Pertama, rubah dahulu pengaturan pada Security/Pengaman di ponsel android kalian, caranya mudah untuk melakukannya buka Setting/Pengaturan – langsung pilih security/pengaman, kemudian beri centang pada opsi “Unknown source/Sumber tidak dikenal”.

Cara tersebut ini akan sangat diperlukan karena agar Ponsel Android kita dapat di install aplikasi file mentahan berbentuk/dengan format *.APK di luar Play Store atau di dalam memori sdcard. Jika kurang jelas penjelasanya ikuti petunjuk gambar dibawah ini.
Cara Instal Ulang Play Store yang hilang di android, cara memasang play store yang terhapus
  • Cara mendapatkan Google Play Store dalam bentuk APK
Untuk cara mendapatkan Play Store dalam bentuk APK ini ada dua cara yaitu pertama mengunduh/download Play Store APK sendiri, dan yang kedua dengan cara Copy/mengirimkan File Aplikasi Play Store dari Ponsel Android lain. Jika kalian merasa repot untuk cara download yang pertama, dengan cara Copy atau transfer dari Android lain adalah salah satu cara yang tepat.
  • Download Aplikasi Play Store APK
Bagian pertama yang kita lakukan adalah dengan mencari Link download Aplikasi play store, nah jika kalian tidak gin repot-repot mencarinya di Search engine, langsung saja daftar dan masuk forum XDA Developer bisa juga melalui Short link ini, kemudian tunggu 5 detik dan lanjut dengan mengeklik SKIP AD.
Di dalam forum XDA Developer itu sudah tersedia berbagai macam versi Google Play Store, jadi saya sarankan untuk Download Play Store Versi yang terbaru. Jika kalian melakukan download aplikasinya via PC, lakukan copy dari PC dan paste ke Ponsel Android kalian dengan menggunakan kabel USB atau bluetooth jika PC kalian mempunyai koneksi bluetooth.
  • Transfer atau mrngirim aplikasi Play Store dari Ponsel Android Lain
Untuk cara ini, pertama yang harus sudah kita persiapkan adalah aplikasi Play Store, jadi jika belum melikinya kita bisa melakukan backup aplikasi Play Store dari Android lain terlebih dahulu kemudian mengirim file aplikasi hasil backup dari play store. Jika kalian belum tahu caranya bisa langsung baca Cara Melakukan Backup pada aplikasi Android.
Cara Instal Ulang Play Store yang hilang di android, cara memasang play store yang terhapus
Pada poin ini saya anggap kalian sudah memiliki atau mem-backup aplikasi play store, jadi lanjut ke langkah berikutnya, pastikan ponsel android sudah terinstall aplikasi share apps, karena fungsi aplikasi ini adalah agar kita dapat berbagi file berekstensi aplikasi seperti APK dan jika kita mengirimkannya secara manual dan biasa seperti mengirim file-file gambar, lagu, atau dokumen tidak akan bisa.

Setelah semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, aktifkan bluetooth pada kedua ponsel android untuk mengirimkan aplikasi Play Store nya tadi, lalu buka aplikasi share apps yang sudah terintall pada ponsel pengirim aplikasi, kemudian pilih google play store – pilih Share – Lalu pilih Bluetooth. Jika file aplikasi Play Store sudah terkirim kita lanjut ke cara berikutnya.
  • Cara Install Google Play Store dari Android
Buka aplikasi file manager yang ada di android kalian, kemudian cari lokasi penyimpanan file APK dari aplikasi Play Store yang sudah terkirim tadi, kemudian tap aplikasi tersebut sampai muncul notifikasi Install, Lala pilih install, dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Cara Instal Ulang Play Store yang hilang di android, cara memasang play store yang terhapus
Itulah Tips Jitu Bagaimana Cara mengatasi Aplikasi Google Play Store yang Terhapus atau hilang, jadi pada intinya install kembali menggunakan file aplikasi apk play store  yang kalian download atau transfer dari Ponsel Android lain.

Jangan khawatir jika Brand Androidmu berbeda dengan merk android yang mengirim karena pada dasarnya sama-sama menggunakan sistem operasi Android. Semoga Tips Cara Install Ulang Google Play Store pada artikel ini bermanfaat.
Cara Mudah Install Ulang Google Play Store yang Terhapus di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top