Jumat, 03 Maret 2017

Cara Memblokir Situs di Browser Chrome dengan ekstensi Blocksite


Cara Blokir Situs Internet di Google Chrome Dengan Blocksite – Saat kita berjelajah di internet, pastinya kita akan sering menemukan situs-situs di internet yang tidak ingin kita jumpai, atau mungkin anda ingin beberapa situs yang tidak ingin di buka orang lain itu tidak bisa di buka di web browser chome PC/Laptop anda.

Dengan cara memblokir situs internet di browser google chrome anda memungkinkan browser anda tidak akan di gunakan oleh orang lain atau teman anda untuk emmbuka situs yang aneh-aneh seperti situs dewasa atau judi. Nah, untuk itulah anda harus memblokir situs situs tersebut dari browser anda agar tidak bisa di buka.

cara blokir situs dengan mudah dii google chrome dengan menggunakan block site
Pada artikel kali ini berponsel akan membahas tentang bagaimana cara memblokir situs internet di browser google chrome dengan block site. Sebelum kita lanjut ke caranya, akan saya bahas sedikit tentang apa itu Blocksite, Yaitu sebuah Extension (ekstensi) yang biasa kita ketahui di browser mozilla firefox sebagai add-ons.

Dengan menggunakan ekstensi blocksite anda bisa memblokir situs-situs tertentu di browser chrome anda seperti youtube, facebook, twitter, blogger, atau situs-situs dewasa lainnya yang ingin anda blokir. Maka dari anda harus memasang ekstensi block site ini terlebih dahulu di browser chrome di komputer atau laptop anda.

Cara Memblokir Situs di Browser Google Chrome dengan Ekstensi Blocksite

Pertama, download dulu ekstensi tersebut di browser anda, caranya sangatlah mudah, pertama anda masuk ke menu Setting, lalu pindah ke menu Extensions, kemudian scroll kebawah dan klik pada “Get More Extensions”. Ketika menuju menu extensions anda juga bisa menggunakan cara pintas dengan mengetikan “chrome://extensions/” tanpa tanda kutip di address bar dan tekan enter.

Cara Memblokir Situs di Browser Chrome dengan ekstensi Blocksite

Gambar Selanjutnya

Cara Memblokir Situs di Browser Chrome menggunakan Blocksite
Setalah itu di kotak pencarian anda bisa mencari extensi yang bernama block site tadi dengan mengetikan namanya di form tersebut dan tekan enter, kemudian akan muncul pilihan ekstensi block site yang muncul, pilihlah seperti pilihan pada contoh gambar bawah dengan klik “+ ADD TO CHROME

Cara Memblokir Situs di Browser Chrome dengan Block site
Tunggu sebentar hingga muncul pertanyaan dari Chrome yaitu “Add ‘Block site’?” lanjutkan dengan mengeklik “Add extensions”, kemudian exkstensi akan terdownload dan setelah terdownload akan melakukan pemasangan otomatis di chrome.

Cara Memblokir Situs di Browser Chrome menggunakan Block site
Setelah selesai terinstall di Browser google chrome, block site siap digunakan untuk memblokir situs-situs yang anda inginkan. Dengan cara masuk menu option pada ekstensi blocksite, kemudian anda akan di arahkan ke halaman baru block site.


blocksite
Tambahkan situs yang ingin anda blokir dengan mengetikan situs di tempat List of blocked sites seperti pada gambar, lalu klik add page. Selesai, situs yang sudah anda masukan kedaftar blokiran tersebut ridak akan bisa di buka lagi, jika anda ingin membukannya lagi, tinggal menghapusnya saja dari daftar blokiran.
cara memblokir situs menggunakan extensi block site di google chrome
Nah, dengan begini anda bisa memblokir situs apapun yang anda suka agar tidak sembarang orang bisa membuka situs tersebut di browser chrome milik anda. 

Cara Memblokir Situs untuk Semua Browser tanpa Software

Oke selanjutnya cara ini berguna untuk memblokir situs dewasa tanpa software, dengan menedit file bawaan dari windows, dengan begitu semua browser yagn anda miliki di windows tidak bisa membuka situs yang anda target. 

Pertama bukalah windows explorer dengan menekan tombol kombinasi di keyboard “Windows + E” setelah anda asudah masuk, langsung buka drive C:\ dan masuk pada folder berikut ini:

C:\Windows\System32\Driver\Etc (disini)

Jika anda tidak mengeri dengan maksud lokasi tersebut, masuk saja ke C: lalu buka folder "Windows", kemudia masuk ke folder "System32" dan lanjut masuk ke folder "Driver" yang ada di dalam System32, terakhir anda langsung saja masuk ke folder Etc.

Cari file dengan anma “Host” tanpa ekstensi, kemudia bukalah dengan apliaksi notepad, caranya Klik kanan filenya lalu pillih opsi “Open with >” pilihlah aplikasi notepad bawaan windows.

Sesudah aplikasi tersebut terbuka, scroll kebawah hingga baris terakhir dan menemukan tulisan “::1 local host” ketikan ip 127.0.0.1 dan di ikuti dengan nama situs website yang ingin anda blokir di komputer atau laptop anda, sebagai contoh saya ingin memblokir situs jalantikus dot com berarti saya harus mengetikan:

127.0.0.1 www.namasitustarget.com

Ganti tulisan "namasitustarget" menjadi situs incaran tadi, Kemudian ulangi proses yang sama seperti diatas jika anda ingin memblokir situs lain seperti situs-situs dewasa yang hanya boleh ditonton usia 18 tahun keatas. Jika sudah selesai simpan file tadidengan “Ctrl+S” (save), sekarang coba anda buka situs yang sudah anda blokir tadi, pasti tiidak akan bisa di buka dengan semua browser di PC/Laptop anda.

Itulah Cara Memblokir Situs di Browser Chrome dengan ekstensi Blocksite yang bisa Berponsel share kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Memblokir Situs di Browser Chrome dengan ekstensi Blocksite Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top