Jumat, 13 Januari 2017

Cara Memindahkan File Download dari Memori Internal ke Eksternal di Android


Cara Memindahkan File Download dari Memori Internal ke Eksternal – Anda biasa menyimpan file di memori internal atau eksternal, nih? Well, dengan semakin berkembangnya dunia teknologi sekarang ini, kita semakin dimudahkan dengan adanya smartphone yang berkapasitas penyimpanan hingga 128 GB. Tapi banyak juga smartphone murah dengan memori eksternal, kok.

Meskipun para pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android dimanjakan dengan banyaknya produk Android murah, namun pada kenyataannya gadget tersebut hanya dilengkapi memori internal sebesar 4 hingga 8 GB saja. Bahkan memori internal berukuran 16 GB sekalipun tak cukup besar untuk mereka yang men-download berbagai aplikasi di dalam ponsel pintarnya.

cara pindah aplikasi download dari internal ke eksternal android
Ya, kecilnya ruangan penyimpanan pada smartphone dengan harga yang sangat terjangkau inilah yang menjadi kekurangannya. Dan memang cukup disayangkan, karena tentunya kita ingin menyimpan file penting di dalam handphone. Tidak hanya foto beresolusi tinggi saja, video, musik hingga aplikasi game, sudah cukup memenuhi memori bawaan dari smartphone yang kita miliki.

Namun untungnya sebagian besar ponsel Android sudah dilengkapi dengan adanya slot kartu microSD. Jadi sebanyak apapun file yang Anda unduh, bisa tetap tersimpan dengan aman di ponsel kesayangan. Yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kartu memori eksternal adalah, periksa terlebih dahulu, kapasitas kartu memori seperti apa yang didukung oleh smartphone Anda.

Ada cukup banyak ukuran kartu memori eksternal yang bisa Anda pilih untuk mendukung penyimpanan ponsel Anda, mulai dari 16 GB, hingga 128 GB. Sayangnya beberapa produk smartphone hanya mampu menerima memori internal dengan kapasitas 32 GB saja. Nah, dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menggunakan bantuan kartu memori eksternal untuk menyimpan file Anda.

Jika Anda sudah memiliki kartu microSD yang sesuai, maka akan jauh lebih mudah mengaturnya menjadi default write drive. Dengan demikian, ketika ada file baru yang akani Anda simpan, maka akan langsung dipindah ke memori eksternal tersebut. Eits, tunggu dulu! Namun bagaimana jika Anda sudah terlanjur menyimpan file download di dalam memori internal smartphone sebelumnya?

Berikut ini cara memindahkan file download dari memori internal ke eksternal dengan mudah. Anda bisa mengikuti cara yang ada di gambar yang sudah saya screenshot di Hp Android saya pribadi, anda harus mengikuti berdasarkan urutan nomor. Namun mungkin untuk setiap merk dan type Hp Android caranya agak berbeda sedikit, akan tetapi tujuannya sama saja yaitu masuk kedalam manajer aplikasi android jika anda agak bingung karena berbeda caranya bisa anda juga bisa ikuti cara di bawahnya lagi:

cara merubah penyimpanan aplikasi android dari internal ke eksternal

1. Buka Setting
2. Pilih Application, Apps atau Application Manager
3. Klik Manage Applications
4. Tekan App

Setelah itu Anda bisa memilih aplikasi yang ingin dipindahkan dari memori internal ke memori eksternal. Baru kemudian tekan Move to SD Card untuk memindahkan file download ke memori eksternal. Apabila tombol Move to SD Card tidak dapat di klik, itu berarti file download Anda memang tidak dapat dipindah dari memori internal ke memori eksternal. Dan sebaliknya, jika Anda ingin memindahkan file dari kartu memori eksternal ke memori internal, tombol yang aktif adalah Move to Phone.

Tapi sebelum Anda memindahkan file dari memori internal ke memori eksternal, ada aturan utama yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Ya, karena sayangnya tak semua aplikasi dapat Anda pindahkan ke kartu microSD. Dan beberapa pada beberapa ponsel, Anda sama sekali tidak dapat memindahkan file dari memori internal ke memori eksternal. Jadi sebelum men-download, sebaiknya perhatikan dulu, apa Anda bisa memindahkan file ke memori eksternal atau tidak, ya?
Cara memindahkan file download ke sd card android selain dengan cara di atas Anda juga dapat menggunakan cara lain, kok. Selain jauh lebih mudah, dengan cara yang satu ini, Anda juga cukup menghemat waktu. Unduh App Mover untuk membantu Anda memindahkan file download dari memori internal di smartphone yang Anda miliki langsung ke memori eksternal.

Cara memindahkan file download dari memori internal ke eksternal tanpa root dengan aplikasi:

Play Store menyediakan App Mover yang bisa Anda unduh secara gratis untuk membantu memindahkan file download dari memori internal ke memori eksternal. Anda bisa men-download AppMgr III (App 2 SD). Dengan menggunakan aplikasi pemindah file ini, Anda mendapatkan keuntungan, yaitu tak perlu memindahkan satu per satu aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, ini seperti cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd.

cara pindahkan file download di memori internal ke external
Jika Anda sudah mengunduh salah satu App Mover, Anda hanya tinggal meng-klik file download dalam memori internal yang belum dipindahkan ke memori eksternal. Namun pastikan Anda sudah membuat folder baru terlebih dahulu di ruang penyimpanan eksternal Anda sebelum memindahkan file download. Jika file sudah dipindahkan ke memori eksternal, kembali periksa kapasitas ruang penyimpanan di ponsel Anda. Dan pastikan Anda tidak menyimpan file ganda di dalam memori internal.

Dan sebenarnya cara untuk memindahkan file yang telah Anda unduh dan tersimpan di dalam memori internal ke memori eksternal atau kartu micro SD tidak terlalu sulit, kok. Karena di zaman sekarang ini, keberadaan smartphone seolah sudah menjadi kewajiban, kita menjadikannya sebagai alat penyimpan data penting. Mulai dari foto hingga berkas kantor.

Dengan berbekal cara memindahkan file download dari memori internal ke eksternal di atas, Anda dapat memindahkan file berukuran besar dari memori internal smartphone Anda, semoga bermanfaat.
Cara Memindahkan File Download dari Memori Internal ke Eksternal di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top