Selasa, 21 Februari 2017

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop ASUS Zenfone 5 (a501cg/a500cg)


Cara Flash Ulang Mengatasi ASUS Zenfone 5 mati/bootloop – Hp Android asus zenfone 5 adalah salah satu smartphone layar 5 inci dengan Corning Gorilla Glass 3 dan ram 2GB yang saat ini memiliki harga yang bisa di dapatkan para kalaangan menengah kebawah. Namun saat ini sudah lumayan banyak keluhan pada pengguna zenfone 5.


Salah satunya adalah saat mereka melakukan root atau mengganti custom rom dan terjadi kesalahan sehingga zenfone 5 a501cg dan a500cg bisa mengalami bootloop dan harus di flash ulang, nah dari sini juga tidak sedikit orang yang mengetahui cara melakukan flash ulang di asus zenfone 5 agar bisa kembali normal.

Maka dari itu Berponsel akan memberikan tips Cara Flash dan memperbaiki asus zenfone 5 mati/bootloop. Cara ini akan sangat bekerja untuk mengatasi Asus Zenfone 5 yang bootlop atau tidak bisa masuk ke Homescreen. Langsung saja berikut ini tutoorialnya.

Cara Memperbaiki ASUS Zenfone 5 mati/bootloop (a501cg/a500cg)

Pertama siapkan bahan dan alat yang harus anda perlukan sebagai berikut:
  • Pastikan terlebih dahulu jenis firmware apa yang ada di zenfone 5 miliki anda (seperti WW, TW, CN atau CHT), caranya dengan masuk ke menu Pengaturan -> Setelan -> About -> Software information, kemudian anda lihat pada Build Number atau Nomor bentukan.
  • Setelah anda sudah mengetahuinya, Download Firmware ASUS Zenfone 5, Download juga ADB Fastboot tool, dan Intel USB Driver for Android.

Cara Flashing ASUS Zenfone 5 yang mengalami Bootloop

  • Saat semua syarat yang dibutuhkan sudah anda unduh, install intel USB Driver for android, kemudian ekstrak ADB Fastboot tool.
  • Lakukan Rename (mengubah nama) Firmware yang anda download tadi menjadi “user” tanpa tanda kutip, sebagai contoh nama firmware sebelum di rename adalah “UL-ASUS_T00F-WW-1.14.40.50-user”. Perubahan nama ini bertujuan agar mempermudah saat proses flashing dan instalasinya.
  • Setelah itu pindahkan firmware tadi ke dalam folder ADB Fastboot tool seperti contoh gambar berikut.
    Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop ASUS Zenfone 5 (a501cg/a500cg)
  • Selanjutnya kita menuju langkah yang berikutnya yaitu Flash ASUS Zenfone 5, matikan dahulu ponsel tersebut, kemudian hidukan lagi dengan cara menekan tombol power + volume up (atas) secara bersamaan untuk masuk ke menu Zenfone Fastboot mode.
  • Saat sudah masuk kedalam menu Zenfone Fastboot mode, selanjutnya pilih opsi Recovery, dan tunggu hingga muncul logo robot android berwarna hijau dengan tulisan tidak ada perintah.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol volume down (bawah) dan lanjutkan dengan menekan volum atas, tapi sekali saja dan anda akan masuk ke “Android System Recovery”, jika sudah masuk kemenu tersebut pilih saja “apply update from adb

Tahap Menghubugkan Zenfone 5 Ke PC/Laptop

  1. Sata ini anda sudah mulai emmasuki tahap menghubingkan zenfon 5 anda ke komputer, hubungkan dengan kabel USB, selanjutnya buka folder ADB fastboot tool, kemudian klik file “Open.bat” (jendela command prompt akan terbuka)
  2. Lalu ketikan “adb devices” tanpa tanda kutip, jika sudah benar cara pengetikannya akan muncul kode nomor seri ASUS Zenfone 5 seperti gambar berikut.
    Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop ASUS Zenfone 5 (a501cg/a500cg)
  3. Kemudian ketikan “adb sideload user.zip” (user.zip adalah nama firmwae yang sudah anda rename tadi) kemudian tekan enter dan tunggu saja hingga prosesnya 100% dan jangan cabut dulu USB Zenfone 5 dari komputer.
    Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop ASUS Zenfone 5 (a501cg/a500cg)
  4. Saat proses sending firmware sudah selesai mencapai 100%, otomatis hp android ASUS Zenfone 5 anda akan melakukan installasi dan kemudian saat sudah selesai prosesnya akan kembali masuk ke mode android system recovery.
  5. Kemudian langkah terakhir pilih opsi “Reboot Now” dan Anda sudah berhasil melakukan flashing pada ASUS zenfone 5 karena bootloop atau mati.

Baca Juga :


Begitulah Cara mudah Mengatasi bootloop asus zenfone 5 (a501cg/a500cg) yang berponsel ulas kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop ASUS Zenfone 5 (a501cg/a500cg) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top