Minggu, 12 Februari 2017

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru (Lollipop, Marshmallow, Nougat)


Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru – Saat ini Anda menggunakan OS Android versi yang ke berapa, nih? untuk setiap pengguna smartphone Android atau tablet, tentu Anda harus selalu memastikan jika Anda menjalankan versi perangkat lunak terbaru yang tersedia. Dan tidak hanya untuk aplikasi yang ada di dalam gadget Anda saja yang harus rutin diperbarui.

Sistem operasi Android juga perlu Anda upgrade secara rutin jika ingin mendapatkan performa terbaik dari perangkat Anda. Nah, Android sebagai sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google memang memiliki banyak versi. Dan masing-masing versi Android tentunya telah disesuaikan untuk setiap produsen smartphone yang ada.

Mungkin Anda sedikit bertanya, untuk apa kita secara rutin harus memperbarui sistem operasi dari perangkat yang kita miliki. Sebenarnya meng-upgrade sistem operasi Android yang ada dalam perangkat adalah untuk menjaga ponsel bekerja dengan sempurna.

download os android terbaru, caara upgrade android ke versi terbaru
cara upgrade android ke versi yang lebih baru
Meskipun beberapa perangkat tidak menyediakan update untuk aplikasi mereka, atau bagi sebagian orang memilih untuk tidak memperbarui sistem operasi Android mereka, jika Anda ingin meng-upgrade Android ke versi terbaru, simak langkah-langkah yang perlu Anda lakukan! Check this out!

Cara Upgrade Sistem Operasi Android ke Versi Terbarunya

Langkah pertama yang harus kita ketahui untuk meng-upgrade Android ker versi terbaru adalah dengan memeriksa apakah Android up to date. Anda perlu memeriksa update dari Android Anda di dalam menu Setting. Dan meski tersedia update terbaru dari sistem operasi Android, terkadang tak semua perangkat menyediakan update versi terbarunya.

Untuk versi terbaru dari Android saat ini adalah Android 7 Nougat. Versi terbaru Android Nougat ini baru akan tersedia di dalam perangkat secara bertahap. Nah, sementara untuk versi pendahulu dari Android Nougat, adalah Android v6 Marshmallow, Android v5 Lollipop, dan Android v4 Kitkat. Semua versi Android yang ada datang setelah Android Jelly Bean.

Sementara itu, untuk versi Android di bawah Jelly Bean, biasanya tak menyediakan upgrade OS Android. Kecuali jika sebelumnya Anda pernah mengupgrade sistem operasi Android Jelly Bean yang Anda miliki. Di bawah ini adalah cara  upgrade Android ke versi 

Masuk ke menu Setting dari perangkat Android Anda
-Pilih menu "About Phone"
-Klik menu "Android Version"
Anda bisa melihat versi Android yang dimiliki saat ini, misalnya Android 6.0, Android 5.0 atau yang lain

cara upgrade ram android cara upgrade kitkat ke lolipop tanpa root cara upgrade android ke versi yang baru cara upgrade android ke versi lebih baru
Cara Cepat Upgrade Android ke Versi yang Terbaru dari Sony xperia
Berikut ini adalah daftar untuk urutan versi android mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi:
  • Cupcake v1.5
  • Donut v1.6
  • Eclair v2.0
  • Froyo v2.2
  • Gingerbread v2.3
  • Honeycomb v3.0
  • Ice Cream Sandwich v4.0
  • Jelly Bean v4.1
  • Kitkat v4.4
  • Lollipop v5.0
  • Marshmallow v6.0
  • Nougat v7.0

Ada satu hal yang wajib Anda pastikan sebelum meng-upgrade Android ke versi terbaru. Yaitu selalu mengamankan semua data yang tersimpan dalam perangkat. Anda tinggal menghubungkan smartphone Anda ke komputer dengan menggunakan USB atau kabel micro USB. Dengan langkah yang satu ini, akan memastikan data yang tersimpan di dalam perangkat tidak hilang selama proses update.

Cara yang paling mudah untuk memperbarui sistem operasi Android smartphone yang kita miliki adalah dengan menggunakan perangkat System Update atau Software Update. Nah, biasanya menu ini terletak di menu Setting atau menu About Phone. Setelah masuk ke menu tersebut, jika perangkat menyediakan update sistem operasi Android versi terbaru, maka akan ada menu yang bisa Anda klik.

Namun sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu, jika perangkat mobile Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi sebelum memulai proses update. Karena biasanya untuk memperbarui perangkat lunak, data yang dibutuhkan cukup besar. Jadi dengan menggunakan jaringan Wi-Fi, Anda tak akan dikenakan biaya untuk penggunaan data yang terlalu besar.

cara upgrade android kitkat ke lollipop, cara upgrade android ke marshmallow, cara upgrade android samsung
Cara Mudah Upgrade Android ke Versi Lebih Baru dari XIAOMI
Klik tombol Update System untuk mulai mendownload update perangkat lunak yang tersedia. Setelah proses download selesai, Anda biasanya akan diminta untuk menginstal upgrade versi Android terbaru. Setelah itu Anda cukup mengikuti petunjuk yang ada pada layar perangkat Anda. Setelah proses instalasi selesai, perangkat akan reboot untuk melakukan pembaruan versi Android.

Yang perlu Anda ingat, seperti yang sebelumnya telah diungkapkan adalah, bahwa tak semua perangkat smartphone berbasis Android menawarkan pilihan untuk upgrade sistem operasi ke versi yang terbaru. Satu catatan lagi tentang penggunaan Wi-Fi untuk upgrade android, WiFi memiliki lalu lintas data yang stabil dari pada menggunakan Paket Data, walaupun anda punya banyak Kuota. Saya sarankan untuk menggunakan jaringan 4G LTE jika ingin menggunakan data.

Jadi apabila Anda tidak menemukan pilihan System Update di dalam menu Setting atau pengaturan atau menu About Phone pada perangkat yang Anda miliki, maka besar kemungkinannya bahwa produsen dari perangkat Anda tak menawarkan update versi Android terbaru. Jika memang demikian, maka Anda tidak akan dapat melakukan upgrade sistem operasi ke versi terbaru. Kecuali jika melakukan root smartphone Android Anda untuk mengaktifkan upgrade software.

Kebanyakan produsen smartphone memang menawarkan upgrade  versi terbaru Android melalui pilihan menu System Update pada perangkat. Namun jika Anda tidak menemukan pilihan tersebut, bisa jadi Anda perlu memeriksa kembali informasi update software untuk perangkat yang Anda miliki. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut di dalam website smartphone Anda dan cari nomor model untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses update untuk perangkat smartphone Anda.


Baca Juga :
Nah, itulah Tutorial Cara Mudah upgrade Android ke versi terbaru tanpa root yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu anda bisa mengupgrade android miliki anda dari Jelly Bean ke kitkat, Jelly Bean ke lollipop, Jelly Bean ke Marshmallow, Kitkat ke Loliipop, Kitkat ke Marshmallow, Kitkat ke Nougat, Lillipop ke Marshmallow, Lillipop ke Nougat atau Marshmallow ke Nougat, Semoga bermanfaat!
Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru (Lollipop, Marshmallow, Nougat) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre Kurnianto
 

Top